Sunday 17 January 2016

CARA MERAWAT PERAK BATANGAN



Perak batangan merupakan salah satu cara terbaik untuk berinvestasi dalam logam mulia. Secara umum, setiap perak batangan memiliki cap yang bertuliskan keterangan berat dan kemurnian batangan tersebut. Perak batangan tersedia dalam beberapa berat, seperti :
  • 1 ons
  • 10 ons
  • 100 ons
Sangatlah penting untuk merawat dan menjaga perak batangan. Maka aturan pertama penyimpanan perak batangan, adalah dengan menyimpannya di dalam tempat yang kedap udara, guna mencegah terjadi oksidasi yang menyebabkan timbulnya noda pada batangan perak. Namun apabila perak batangan tersebut telah kotor, ada 2 opsi yang dapat kita lakukan :
  1. Membawanya ke tukang perhiasan untuk dibersihkan
  2. Membersihkannya sendiri
Untuk opsi ke-2, ada beberapa cara untuk kita melakukannya, salah satu opsi adalah menggunakan campuran Asam Muratic. Tetapi penggunaan ini harus dengan hati-hati, saat mencampurkannya dengan air, dan juga jangan menghirup uap yang timbul. Cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan baking soda (soda kue). Berikut langkah-langkahnya
  1. Siapkan sebuah mangkuk plastik untuk tempat menungkan cairan pembersih di meja.
  2. Lalu letakkan aluminium foil di dasar mangkuk tersebut agar tercipta reaksi kimia yang tidak berbahaya saat bahan-bahan lain dimasukkan ke dalam mangkok
  3. Masukkan 2 gelas air mendidih ke dalam mangkuk
  4. Tambahkan 1 sendok makan garam dan 1 sendok makan soda kue ke dalam air hangat tersebut.
  5. Terakhir, masukkan perak batangan murni ke dalam mangkuk, dan tinggalkan di sana selama 20 menit. Saat keluar, seluruh noda akan sudah terlepas dari perak batangan tersebut.

No comments:

Post a Comment